Mengatasi Unknown USB Device(Device Descriptor Request Failed) Dan Flashdisk Tidak Terdeteksi Oleh Windows - DarkID

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Mengatasi Unknown USB Device(Device Descriptor Request Failed) Dan Flashdisk Tidak Terdeteksi Oleh Windows

Share This


Pernah gak sih pas lagi penting dan dikejar waktu tapi flashdisk malah tidak terdeteksi oleh komputer/laptop kita dan setelah kalian cek Device Manager ada tulisan Device Descriptor Request Failed pada driver. Tentu hal ini merupakan hal yang tidak mengenakan apalagi jika ada file penting di dalam flashdisk tersebut. Namun jangan khawatir nihh. karena kami akan memberi cara/solusi menangani masalah tersebut.


Ada banyak penyebab terjadinya masalah device descriptor request failed pada komputer/laptop yang membuat flashdisk dan device lainnya tidak terdeteksi oleh windows. Masalah ini saya temukan di laptop saya beberapa waktu yang lalu, Masalah ini saya temukan pada windows 10 saat setelah saya meng update sistem windows saya ke sistem windows terbaru.

Penyebab masalah device descriptor request failed :

1. Port yang bermasalah
2. Driver yang tidak diupdate
3. Kesalahan pada system
4. malware/virus 
5. Device rusak

Awalnya sebelum saya update sistem windows 10 ke sistem terbaru tidak terjadi masalah ini akan tetapi begitu saya selesai update saya mengalami hal ini. Beberapa cara sudah saya lakukan untuk menangani flashdisk saya yang tidak terdeteksi oleh windows akan tetapi tidak ada yang berhasil.

Lalu Bagaimana solusinya? Apakah Saya Harus Me-Restore System Windows KeSystem Sebelumnya?

Tidak!!, Tentu saja tidak mungkin saya lakukan karena ada berbagai macam data penting yang ada didalam drive saya. Ada beberapa metode yang saya coba dan akhirnya saya berhasil mengatasi masalah device descriptor request failed pada driver saya.

lalu apa saja metode yang saya lakukan hingga saya bisa mengatasi masalah Unknown USB Device/device descriptor dan flashdisk saya?


Berikut Hal-Hal yang bisa kalian Lakukan :

1. Cabut dan Tancapkan Kembali Device/Flashdisk 

Mencabut dan menancapkan kembali device anda yang memiliki masalah mungkin dapat mengatasi masalah ini karena pada awalnya ketika saya mencoba cara ini secara berulang cara ini berhasil walapun hanya untuk sekali dan ketika saya mencabutnya dan menancapkannya lagi error lagi.

2. Cek Device Anda 

Mengecek device anda merupakan hal yang penting karena jika device kalian yang rusak maka masalah nya sudah beda lagi. Kalian bisa mengujinya dengan menancapkannya pada komputer/laptop lain selain yang error jika device tetap tidak terdeteksi dan memiliki error messages yang sama maka kemungkinan device kalian lah yang bermasalah.

3. Restart Komputer/Laptop

Jika cara tadi masih tidak bisa maka kalian bisa mencoba untuk me restart kembali komputer anda dan mencoba kembali device anda. Pada umumnya driver akan mencoba untuk mengenali kembali device anda dan jika ini tidak berhasil maka lihat cara berikutnya.

4. Update Driver 

Driver update pada sebuah komputer juga merupakan hal penting karena jika driver kalian tidak/ belum ter-update maka kemungkinan terjadi error akan ada. Update driver membuat driver agar selalu up to date dan bisa mengenali device yang sebelumnya tidak bisa dikenali.

Cara Update Driver cukup Klik kanan pada icon windows di sebelah kiri bawah layar anda(cari device manager di menu windows)-Klik device manager-Pilih driver yang akan kalian update-klik kanan-pilih update driver-pilih search automatically driver software-
*pastikan kalian terhubung dengan internet



Dari beberapa hal diatas mungkin sebagian dari kalian belum bisa dan masih mengalami error. Tenang saja karena saya awalnya juga begitu, Sebelumnya saya bilang saya sudah mencoba berbagai metode kan ? nahh... untuk metode berikut ini adalah metode yang membuat saya berhasil mengatasi masalah device descriptor error ini.


Cara ini mungkin bisa berhasil untuk beberapa orang tapi bukan cara ini yang membuat saya berhasil mengatasi error ini. 

1. Buka Device Manager

2. Uninstall Driver

3. Restart Komputer/Laptop


Jika Semua langkah langkah yang saya berikan ke anda tadi tidak berhasil maka ini adalah cara terakhir yang bisa saya berikan ke anda. Ini adalah cara yang membuat saya berhasil mengatasi error ini.


1. Buka Windows PowerShell (Jangan lupa Run Administrator) 

2. Ketik chkdsk /f/r/x 

         dan enter
3. Ketik Y dan klik enter

4. Buka CCleaner dan Run Cleaner 


5. *Restart komputer/laptop (ketika direstart dan mulai hidup komputer akan mengecek drive anda dan ini memerlukan waktu sekitar 20-40 menit tergantung perangkat anda).

6. Jika masih terjadi masalah coba untuk buka cleaner lagi dan scan issue pada registry


Itulah cara yang saya lakukan untuk menangani masalah device descriptor request failed dan flashdisk yang tidak terdeteksi karena hal tersebut. Jika langkah di atas juga masih tidak bisa maka kemungkinan device kalian lah yang mungkin memilki masalah. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages